Kuliah lagi…


Haduuhh… saya harus memulai lagi terbiasa membaca jurnal ilmiah, artikel ilmiah, grafik, kalkulus, matematika teknik, integral dan lain-lain. Karena saya resmi jadi mahasiswa pasca sarjana di Departemen Teknik Mesin dan Biosistem IPB, Bogor (akhirnya saya keluar dari pekerjaan terakhir saya, dan memutuskan meneruskan sekolah S2 lagi). Setelah satu setengah tahun melanglang buana di luar kampus. Bekerja di perusahaan dengan segala macam tantangan, mepet deadline, mencapai kepuasan pelanggan, desain yang efisien, dan lain-lain. Dunia kerja yang banyak memberikan saya pelajaran tentang cara bersikap profesional, dunia yang ritme hidupnya stabil (maksudnya tanggal 30 pasti gajian!), belajar kerja sama tim yang fleksibel antara anak buah dan bos (kadang bos besar bisa jadi se-level anak buahnya kalau pekerjaan sedang mepet dengan deadline, tapi anak buah gak akan pernah jadi bos kecuali sudah ada SK pengangkatan hehehehe), Pujian dan peringatan yang sering datang bergantian, perjalanan atas nama kepentingan kantor (Ini yang paling enak, makanan enak, mobil enak, pemandangan seger) dan sekarang harus memulai beradaptasi lagi dengan dunia akademis yang lebih kaku dan rigid, tumpukan rumus matematika integral dan diferensial, rangkaian algoritma pemrogaman, teori-teori ekonomi teknik dan segala hal yang berbau akademis. Tapi diatas segala itu saya bersyukur kepada ALLOH yang masih mengijinkan saya untuk merasakan pendidikan yang lebih tinggi dan semoga ini bermanfaat di dunia dan akhirat.

Serunya lagi ketemu orang-orang baru lagi sebagai mahasiswa (heran juga saya dengan kebiasaan ini, saya sudah amat sering ketemu orang baru tapi gak pernah bosan tuh.) Ada yang dari Aceh, Kalimantan, bahkan Jepang. Dengan berbagai pola pikiran, maksud, semangat dan latar belakang mereka yang beragam. Suasana sebagai mungkin terasa lebih individual, tidak seperti di perusahaan yang ‘kami’ merasa punya tujuan bersama yaitu visi misi perusahaan. Dan ada satu yang berbeda setelah beberapa waktu kuliah lagi, saya merasa sekarang otak kanan saya mati, dan otak kiri saya lebih dominan. Susah lagi buat berpikir hal-hal yang berbau non akademis. Ini sih pertanda baik bahwa saya mulai terbiasa dengan lingkungan akademis, tapi disisi lain saya harus mulai mencari pekerjaan yang menghidupkan otak kanan saya. Dan semoga dengan kuliahnya saya lagi (dengan ijin Alloh) saya bisa menulis lebih banyak tentang teknologi di blog ini tentunya teknologi tentang biosistem, manusia, dan interaksi antara keduanya . Hiat……… belajar yuk!!!!

Tinggalkan Balasan

