Tetap Jaga Informasi Berharga Anda wahai para Pengguna Android


virus

sumber : ucmp.berkeley.edu

Pengguna android menurut sebuah forum android indonesia sudah lebih dari 250 juta perangkat (Link disisni). Dan masih akan bersaing terus dengan pengguna Iphone. Jumlah Pengguna yang sangat besar ini tentu saja menjadi sasaran target bagi para cracker untuk “menyediakan” virus yang layak bagi android. Beberapa orang meragukannya mengingat android berbasiskan open source. Tapi demi sekeping nomor informasi rahasia seperti password kartu kredit dan debit, account paypal, account jejaring sosial dan informasi penting lain, maka tidak ada yang tidak mungkin walaupun android berbasiskan open source.

Apa yang harus diwaspadai?

1. Cermat memilih dan menginstall aplikasi dari market android

Sebelum menginstall aplikasi dari market android periksa dahulu rating dan overview aplikasi, terutama aplikasi tak berbayar. Jangan tergiur pada aplikasi yang menjanjikan fasilitas yang “aneh” seperti meng-unlock semua level game permainan dari game aslinya.

2.Lebih baik hindari transaksi bank anda (mobile banking) dari perangkat android anda

Fasilitas mobile banking merupakan fasilitas yang sangat praktis. Tetapi pastikan kembali keamanannya. Jangan sampai anda terkena kegiatan dari spyware (pencurian informasi penting tanpa diketahui pengguna) atau terjebak dalam phising attack (mengalihkan pengguna dari ip asli ke ip palsu untuk mendapatkan informasi pengguna) .

3. Waspada jika perangkat android anda “berbuat” yang aneh aneh

Contohnya jika tiba-tiba menerima sms yang tidak jelas secara rutin, maka anda harus waspada terkena serangan sms premium yang membuat anda terpaksa membayar untuk layanan yang tidak jelas. Aplikasi tersebut bisa saja aktif secara diam-diam ketika anda mendownload aplikasi yang tidak jelas.

4.Pasang anti virus yang terpercaya untuk perangkat android anda.

Langkah standar praktis yaitu menginstall anti virus di perangkat android anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s