Review Kereta api Bima Jurusan Jakarta Gambir-Surabaya Gubeng


Kemaren sempat mencoba lagi naik kereta api ke Surabaya dan memilih kereta api Bima kelas eksekutif yang berangkat pukul lima sore dari stasiun gambir jakarta. Berikut reviewnya :

1. Secara keseluruhan gerbong kereta lebih terawat daripada kereta api tujuan ke surabaya yang melalui jalur utara seperti KA Argo Anggrek (yang edisi lama) KA Sembrani dan KA Gumarang. Tampaknya setelah beberapa kali pengalaman penulis menggunakan kereta api di Pulau Jawa, hampir semua kereta api yang melalui jalur selatan dan tengah memiliki gerbong kereta yang lebih terawat dan pelayanan lebih baik.

2. Fasilitas seperti kamar mandi, pintu otomatis, dan AC semuanya bekerja dengan baik. Para staf awak KA juga melayani dengan baik dan petugas keamanan rutin berkeliling setiap ada pemberhentian di stasiun. Bapak petugas keamanan juga  sering mengingatkan untuk mengamankan semua barang bawaan berharga yang ditaruh di atas meja seperti Laptop dan HP. Terus terang kenyamanan ini jarang saya temui ketika menumpang gerbong eksekutif KA sembrani, KA  Gumarang, bahkan KA Argo Anggrek. Tetapi perlu diingat, perjalanan kereta melalui jalur selatan terkenal lebih rawan terhadap gangguan daripada melalui jalur utara.

Kursi Kereta

Kursi Kereta

Interior

Suasana dan Interior

bagasi

Bagasi Kereta

3. Waktu Tiba telat sekitar 30 menit dari yang tertera di tiket. Tetapi untuk ukuran pelayana kereta api di Indonesia keterlambatan itu masih bisa ditolerir. Saya pernah menggunakan kereta api dengan rute yang sama melewati jalur utara dan terlambat hingga 4 jam dikarenakan kerusakan gerbong dan harus dilakukan penggantian gerbong di Stasiun Pekalongan. Bahkan akhir-akhir ini keterlambatan lebih dari 40 menit menggunakan kereta eksekutif argo anggrek dan sembrani merupakan hal yang lumrah. Mungkin hal ini disebabkan jalur perjalanan kereta lintas utara yang padat.

WC

WC

restorasi kereta

Restorasi Kereta

“Secara keseluruhan pelayanan di Kereta Api Bima cukup menyenangkan dengan gerbong yang terawat baik jika dibandingkan dengan kereta api lintas utara dengan rute dan kelas yang sama”

 

One thought on “Review Kereta api Bima Jurusan Jakarta Gambir-Surabaya Gubeng

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s