Pengajian tentang akhlak islami dan pemuda


bismillah…
insyaalloh akan diadakan kajian tentang pemuda dan alhkak islam. Tempat di Ruang Abu Bakar Al Hurriyah IPB Darmaga pada tanggal 12 februari 2012 pukul 8.30 hingga 15.00 (bebas kalau misalnya berhalangan ikut hingga akhir bisa meninggalkan tempat). dan tidak dipungut biaya/infak.

image

kajian ini mengangkat tema besar tentang akhlak dan pemuda karena pemuda identik dengan penuntut ilmu dan gerbang dalam mengambil ilmu adalah akhlak yang baik. Insyaalloh di bahas oleh ustad yang ramah dan kompeten.

catatan tentang majelis ta’lim anshorus sunnah
majelis taklim anshorus sunnah adalah majelis pengajian yang followernya dari banyak kalangan mulai dari pedagang, polisi, PNS, karyawan swasta hingga dosen dan mahasiswa. Tema besar kajiannya adalah untuk menerapkan sunnah dalam setiap sendi kehidupan. Bagaimana cara bersuci yang benar, sholat yang benar, berumah tangga dan bermuamalah yang baik dan sendi kehidupan lain nya. Setahu penulis, majelis taklim ini tidak berafiliasi dengan partai dan aliran politik manapun bahkan sangat “teliti” dalam menerima dana untuk menyelenggarakan kajian kajian nya.

Informasi lain
Majelis taklim ini sering juga disebut oleh masyarakat sebagai wahabi atau salafi yang keras dan sering menunjuk kelompok lain salah dalam berdakwah. Bahkan beberapa followernya sering diberitakan keras dan arogan dan keras dalam berdakwah terutama dalam masalah ibadah syar’iyah. Ya itu memang benar demikian adanya. dan menurut yang penulis ketahui dari para ustad nya, sudah banyak seruan untuk berdakwah secara lembut dan bijaksana agar tidak mematahkan hati kaum muslimin Indonesia yang cenderung lebih lembut dan perasa dibanding kaum muslimin timur tengah yang cenderung lebih terbuka dan agak keras. Lalu kenapa disoroti banyak pada masalah ibadah? karena amalan tersebut adalah amalan yang mutlak harus mengikuti tuntunan Rosululloh, tidak boleh kurang atau lebih…. harus pas…. kitab yang sering dibahas antara lain : Utsulus Tsalasa, Ahdatul Ahkam, Adabul Mufrod, Riyadus Sholihin, dan kitab lainnya.

Bagaimana Ustad-ustadnya
Insyaalloh ustad ustadnya baik dan akan memberi ilmu dengan bijaksana. Setahu penulis ada dua pondok tempat para ustad mengajar yang paling dekat dengan kampus IPB yaitu yayasan/pondok di Cileungsi Bogor dan yayasan di Depok. Untuk lebih jelasnya bisa melihat di contact person di brosur atas. poin plus dari para ustad tersebut (seperti yang tertera di brosur di atas) adalah penyampaian secara ilmiah. Maksudnya ilmiah adalah disampaikan dengan jelas beserta dalil dari Al Quran ,Hadist, dan kitab kitab rujukan yang bisa dipertanggung jawabkan. Menurut pengalaman penulis, diskusi dengan para ustad untuk masalah masalah aktual sangat dimungkinkan dalam suasana yang hangat asalkan disertai niat untuk mencari kebenaran karena Alloh, bukan untuk mencari pembenaran kelompok atau diri sendiri

saran penulis
Sungguh, dalam beribadah dan bemuamalah itu harus dengan ilmu dan menuntut ilmu syari adalah kewajiban setiap muslim. Penulis tidak menyarankan untuk ikut dalam satu golongan tertentu dalam mencari ilmu tetapi carilah dari guru dan ustad yang benar. Siapapun gurunya, asalkan mengikuti Al Quran dan Hadist dengan pemahaman yang benar maka ia adalah guru dari kalangan ahlus sunnah. Bagaimana kita tahu bahwa ia adalah guru yang benar? maka seperti kata salah satu ustad saya, pelajarilah akhlaknya apakah akhlaknya bagus sesuai dengan Al Quran dan Hadist, dan jangan lupa untuk berdoa kepada Alloh agar dibimbing di jalan yang benar….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s