Prinsip Desain Interface Android


Pertanyaan :

Bagaimana mendesain suatu aplikasi untuk sebuah gagdet pintar seperti smartphone android?

Solusi :

Gagdet pintar yang berbasiskan android memiliki ciri khas dalam interface. Desain interface ini mendukung sistem touch atau sentuhan pada layar. akibatnya desain interfacenya menjadi sangat unik dan beragam. Bagi para desainer aplikasi konvensional seperti aplikasi desktop kemungkinan harus mulai belajar untuk merasakan pengalaman touch screen dan menjelajah dunia aplikasi dengan simplify design. Penggunaan tombol atau button, screen bar, dan semua atribut interface yang mengandalkan satu titik sentuh (single touch) seperti pada penggunaan perangkat mouse akan segera ditinggalkan di masa depan digantikan dengan atribut yang dinamis seperti metode multitouch. User Interface di masa depan akan lebih ergonomis, dinamis, dan ikonik. Itulah yang diusung oleh android, untuk mengedepankan user experience.

Secara teknis nya, user interface di Android terangkum dalam objek view dan view group. Hirarki nya dijabarkan deklarasi dan behavior dalam bentuk xml. Banyak sekalikomponen yang disediakan dalam user interface android, seperti Layout,  Input Controls, Input Events, Menu, Dialog, dan masih banyak komponen lain. Setiap komponen tersebut terangkum dalam kelas dan interface yang dapat di rangkum dalam struktur XML atau dimodifikasi perilaku atau behavior nya secara programatikal dan kelas yang kita buat.

Gambar 1. Struktur XML dan User Interface

Untuk menghandle behavior suatu event biasanya dilakukan secara programtikal melalui kode program yang kita buat seperti metode OnTouchEvent (merancang perilaku ketika ada gerakan sentuhan kelayar), metode OnClickListener (mendefinisikan ketika ada komponen yang di klik),  dan masih banyak lagi metode yang bisa digunakan yang terangkum dalam Input Events.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s