Belajar Interaktif User Interface seri Android Developer


Salah satu kekuatan menonjol dari aplikasi mobile dari pada aplikasi desktop konvensional adalah user interface yang interaktif. Bagaimana membuat user mengeksplorasi pengalaman menjelajahi aplikasi dan konten yang dibuat. Kata para master dan senior, prinsipnya “simple but extraordinary“. Jangan membuat interaksi user interface yang ribet dan berbelit belit, kalau itu tidak perlu. Pengguna mobile app biasanya akan sangat menikmati gerakan gesture sentuhan tangan ke layar, dan akan menantikan respon yang akan ditampilkan sebagai feedback ke layar. Respon yang ditunggu user biasanya adalah respon yang alami dan sederhana. Bukan respon yang mempunyai navigasi dan animasi yang rumit, diluar ekspektasi mereka.

Jadi Bagaimana Tekniknya ?  (Studi kasus : Android Developer Design)

Tekniknya Sangat simpel pada prinsipnya, jadi pada dasarnya kita hanya bekerja di dua ekosistem, yaitu ekosistem statis berupa kode-kode xml yang dapat menangani banyak hal seperti : desain layout, manajemen string, manajemen animasi, dan manifest aplikasi. Dan ekosistem dinamis,berupa  kode program java android. Diantara kedua ekosistem ini, selalu ada persamaan kodenya, sehingga kode di xml (statis) bisa dimodifikasi kode java nya (dinamis). Contoh persamaan dan menghubungkan koden attribut xml dengan method javanya :

Kode dalam XML (xml attribut) Kode dalam Java (method java) Keterangan
android:minHeight setMinimumHeght(int) mengeset suatu gambar background
android:background setBackgroundResource(int) mengeset suatu gambar background
android:text=”SequenceChar” android.setText(“SequenceChar”) mengeset suatu nilai string pada TextView
android:alpha setAlpha(float) mengeset nilai properti view untuk animasi
android:id=”@+id/tombol” Button button = (Button) findViewById (R.id.tombol) menghubungkan tombol button di layout xml ke kode program java

dan banyak lagi contohnya….. Tentu saja penggunaan file xml tidak sesimpel itu, tapi masih sangat banyak macam contoh penggunaan  kode xml yang lain….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s