Kereta Ekonomi Memanusiakan Manusia


Menaikkan harga diri bangsa itu bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan meningkatkan pelayanan publik. Sehingga rakyat Indonesia yang mempunyai sejarah lebih dari 350 tahun dijajah dapat bangga bahwa sekarang mereka benar-benar merdeka. Hal ini juga dilakukan oleh PT KAI (PT Kereta Api Indonesia) yang saat ini sedang meningkatkan standar pelayanannya. Stasiun stasiun kereta api baik lokal maupun stasiun jarak jauh dibersihkan dari pedagang kaki lima dan pihak pihak yang tidak berkepentingan sehingga menambah kenyamanan pengguna jasa kereta api, keamanan baik di stasiun dan di kereta lebih terjaga, kereta api jarak jauh kelas bisnis dan ekonomi dilengkapi dengan pendingin udara agar penumpang lebih nyaman, pembatasan jumlah penumpang ekonomi sesuai dengan jumlah kapasitas tempat duduk, serta fasilitas pemesanan tiket dapat dilakukan secara online. Hal ini dilakukan agar semua penumpang dan menurut saya terutama para penumpang kelas ekonomi terlihat lebih dimanusiakan, mereka tidak lagi berjubelan di gerbong yang penuh sesak dan pengap seperti naik kereta tawanan perang jaman penjajahan.

DSCN1277Tetapi apakah semua orang senang, tentu saja tidak. Dengan diberlakukan kebijakan jumlah penumpang sesuai dengan kapasitas tempat duduk untuk kelas bisnis dan ekonomi membuat kapasitas angkut kereta menjadi jauh lebih sedikit. Gerbong yang tadinya bisa memuat 4 kali kapasitas tempat duduk, sekarang tidak bisa lagi. Jadi semakin sedikit yang bisa menikmati jasa kereta api terutama kelas ekonomi. Lalu penambahan fasilitas air conditioner dan penambahan keamanan kereta terutama untuk kelas ekonomi, seperti menjadi alasan untuk menaikkan harga tiket hingga 3 kali lipat lebih mahal. Begitu juga dengn kelas bisnis yang harga tiketnya naik hingga 2 kali lipat. Akibatnya apa? saya menduga akan ada penurunan mobilitas rakyat kelas mengengah ke bawah pengguna kereta api kelas ekonomi dan sebagian kelas bisnis. Mereka akan lari ke moda transportasi lain, yaitu bis, padahal moda transportasi ini sangat tidak menjamin ketepatan waktu dan keselamatan, atau mengurangi intensitas pulang ke rumah tempat asalnya karena sebagian besar pengguna kereta api jarak jauh kelas ekonomi dan bisnis adalah para pekerja kelas 2 (pegawai, mahasiswa, dan pedagang menengah) atau kelas 3 (buruh dan pedagang kecil) yang merantau ke kota besar, dan mereka juga akan meningkatkan konsumsi akan produk telekomunikasi seperti telepon dan internet.

DSCN1254 DSCN1239

Stasiun Pasar Senen Jakarta dan Stasiun Pasar Turi Surabaya yang sekarang menjadi sangat tertib dan teratur

Walaupun saat ini pengguna kereta api kelas ekonomi tersebut masih memiliki alternatif cara untuk mengatasi himpitan mobilitas mereka, tentunya PT. Kereta Api Indonesia juga dapat membantu agar dapat meningkatkan kapasitas angkut kereta terutama kelas ekonomi. Kenapa kelas ekonomi? Karena walaupun pemerintah mengklaim bahwa pertumbuhan rakyat kelas menengah sangat pesat, tetapi pemerintah belum bisa meratakan laju pembangunan. Laju pembangunan cenderung terpusat pada kota-kota besar terutama daerah Jakarta dan sekitarnya yang menjadi tumpuan rakyat kelas menengah ke bawah untuk mencari nafkah dengan meninggalkan tempat asalnya. Jika golongan rakyat kelas bawah yang masih menjadi mayoritas dan kelas menengah yang tumbuh dengan pesat ini tidak dapat diakomodasi mobilisasinya, maka yang terjadi  adalah meningkatnya stress individu dan menurunkan produktivitas. Kereta api adalah moda transportasi rakyat yang dapat diharapkan untuk memanusiakan rakyat indonesia, kenapa? karena kereta api adalah angkutan masal, lebih aman, sangat lebih tepat waktu dan cepat dibandingkan moda angkutan darat lain, dan dapat menjangkau daerah-daerah kecil di ujung kampung, bahkan daerah yang tidak dapat dilalui jalan raya.

DSCN1234 DSCN1237

AC Split di KA kelas Ekonomi dan bisnis yang katanya tidak dingin

Sehingga saya berkesimpulan bahwa langkah PT KAI saat ini sangat bijak dengan meningkatkan standar pelayanan agar dapat memanusiakan seluruh rakyat Indonesia, tetapi diharapakan agar dapat juga segera beroperasi secara lebih efisien dan menambah keuntungan perusahaan agar dapat menambah fasilitas dan kapasitas angkut yang dimiliki. Ini mau tidak mau harus terus dilakukan karena pertumbuhan pasar transportasi akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia. Jika jumlah pengguna kereta api terutama kelas ekonomi, yang tidak dapat diangkut makin bertambah dan belum mendapatkan solusi moda transportasi lain yang setara dengan pelayanan kereta api, maka dikhawatirkan cepat atu lambat PT KAI akan segera dipersalahkan. Tetapi jangan  khawatir, walaupun saat ini para pengguna kelas ekonomi sering berkeluh kesah karena mahalnya tiket, air conditioner (yang berupa AC split mungkin kapasitas 1 PK berjumlah 6 buah) yang tidak dingin, dan kereta yang sering terlambat, mereka pasti bersabar karena mereka tahu dan sadar bahwa mereka adalah kelas bawah dari rakyat Indonesia. Tetapi jika PT KAI bisa memberikan solusi yang baik untuk mereka, maka bayangkan berapa banyak amal pahala kebaikan yang didapatkan oleh segenap direksi PT KAI karena menolong kelompok mayoritas bangsa ini. Amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s