INDONESIA KAYA


Selama ini kita sering mendengar bahwa Indonesia itu “miskin”, “terbelakang”, dan bodoh. Tengok saja negara tetangga kita yang paling dekat, Malasyia, terlebih lagi Singapura…. Tentu saja kita minder..?? Kita melihat kotaKuala lumpur rapih, bersih, dan tertib… apalagi ditambah dengan gagahnya menara Petronas. Bandingkan dengan Jakarta, sumpek, kotor, preman, banjir, pengemis, dan salah satu kota terpadat di dunia…. Lalu kita lihat Singapura, bersih, sangat tertib, transportasi publik yang sangat baik dan terpadu, tingkat pendidikan penduduknya tinggi, dan termasuk dalam pendapatan perkapita tertinggi di dunia….

Tapi satu yang nggak dimiliki oleh negara-negara tetangga kita itu…. Apa itu? Bentang alam yang luas dari barat ke timur, dari utara ke selatan. Anak-anak muda yang bersemangat, yang berjuang keras di kondisi yang sulit dan tak menentu. Kita punya hutan tropis yang ada di kalimantan dan papua, sebagai jangkar paru paru dunia. Kita punya harta tambang di perut bumi kita yang sayangnya sedang dijual murah oleh penguasa kita, kita punya lautan yang di dasarnya banyak ekosistem dan barang tambang yang tak ternilai harganya. Di atas itu semua kita punya Tuhan, dimana kita berdoa, dan sandaran terbesar harapan dan cita cita. Kita punya Tuhan yang dengannya kita meminta kebaikan. dan meminta pertolongan.

Kita sebagai anak muda Indonesia, mungkin belum merasakan pendidikan secanggih di Singapura, belum merasakan tenang dan majunya perkembangan di Malasyia. Tapi anak muda Indonesi punya harapan besar untuk bersanding setara dengan negara dunia. Kalau saat ini orang-orang tua dan senior kita sedang berebut kekuasaan dan posisi, sedang unjuk kekuatan untuk memenangkan dirinya sendiri, sedang korupsi apa yang seharusnya diawasi dan dikelola oleh jabatannya, sedang menikmati puja-puji dari rakyat yang sudah dibohonginya, ….. Sabar dan tenanglah… Waktu kita akan tiba untuk menggantikan tugas dan posisi mereka.

Tetapi ingatlah, anak-anak muda Indonesia saat ini punya tugas yang sangat besar, tidak kalah dengan tugas para generasi muda sebelumnya yang berjuang merebut kemerdekaan. Tugas kita, anak-anak muda Indonesia untuk selalu menjaga diri kita, menjaga integritas kita, menjaga diri kita dan saudara di samping kanan kiri kita, agar menjadi pribadi yang baik, amanah, punya visi dan orientasi, pantang menyerah, dan keikhlasan. Itulah satu satunya kekuatan yang dapat menegakkan kepala kita di hadapan orang-orang yang menjajah bangsa ini baik yang terang-terangan ataupun yang menjajah secara halus. Tetapi selalu dapat membungkukkan punggung kita kepada orang tua, guru, dan orang-orang yang sampai saat ini terus memberikan contoh tentang arti sebuah integritas, perjuangan, pengorbanan, ikhlas, dan sabar kepada generasi muda penerus bangsa nya. Jika generasi muda saat ini berhasil melalui ini semua dengan ikhlas, yakinlah semua akan terbayar dengan indah. Karena generasi muda adalah kekayaan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s